Minggu, 04 Maret 2018

Aplikasi SpeQ Mathematics




BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

            Kemajuan teknologi informasi di dunia sangat mempengaruhi dan memberi kemudahan khususnya dalam bidang pendidikan dengan kehadiran teknologi telah meningkatkan kualitas dan keampuhan pendidikan itu sendiri. Di era globalisasi ini seseorang akan dengan mudah memperoleh pengetahuan dari mana saja, dengan demikian dalam dunia pendidikan di masa mendatang akan terjadi beberapa perubahan mendasar khususnya yang disebabkan oleh aplikasi teknologi informasi, dengan adanya teknologi aplikasi pembelajaran,  kita dapat belajar sendiri tanpa harus ada guru, banyak macam-macam aplikasi pembelajaran diantaranya Speq Mathematics. Speq Mathematics ini merupakan media untuk mempermudah pembelajaran khususnya dalam bidang studi Matematika. Karena tidak dapat dipungkiri matematika merupakan salah satu pelajaran yang dihindari bahkan dibenci oleh banyak siswa, dan biasanya ketika kita mendengar matematika mendadak kepala kita langsung pusing karena kita selalu beranggapan negatif mengenai pelajaran matematika sehingga timbul pikiran bahwa matematika itu rumit dengan ribuan rumus dan logika yang membingungkan  apalagi pelajaran yang terkait mengenai trigonometri, fungsi, konstanta, unit, dll.
            SpeQ mathematics merupakan perangkat lunak program matematika yang dirilis sejak tahun 2003, perangkat ini mempunyai fungsi utama sebagai kalkulator untuk perhitungan matematika dan Speq mathematics merupakan perangkat lunak matematika yang saat ini masih bisa digunakan dalam windows 95 dan windows 98. Cara menggunakan Speq mathematics sendiri sangat sederhana hanya dengan menginsert fungsi perhitungan selanjutnya kita tinggal masukan soal perhitungan ke lembar kerja. Selain itu kita dapat dengan bebas menambah, mengedit dan mengeksekusi perhitungan,maka dengan otomatis jawaban akan muncul dilembar kerja. SpeQ dapat digunakan untuk insinyur, mahasiswa dan murid atau hanya sebagai pengganti Kalkulator Windows. Speq mathematics dibuat untuk menjadi mahir dalam matematika selain itu program ini sangat mudah di gunakan. Program ini cukup kecil, cepat dan bisa berjalan pada setiap komputer Windows, juga bisa dijalankan dari USB-Flashdisk. Walaupun Speq merupakan program sederhana namun Speq ini berguna untuk perhitungan singkat dengan definisi variabel ekstensif, fungsi dan perhitungan kompleks.
            Speq memiliki beberapa fitur diantaranya perhitungan ekspresi dengan aritmatika, kondisional, operator logis dan bitwise, sekitar 100 built-in matematika, konstanta fisik dan kondisional, terdapat 60 built-in fungsi untuk analisis, aritmatika, nomor Kompleks, hiperbolik, Integer, Logical, Probabilitas, sistem angka, statistik, trigonometri, mendefinisikan variabel dan fungsi Anda sendiri untuk digunakan dalam perhitungan, dan dengan Speq mathematics kita dapat membuat grafik menggunakan  Plot grafik yang sepenuhnya dapat beradaptasi, melacak fungsi diplot, menyimpan grafik Anda. Dukungan yang luas untuk unit, Decimal, biner, heksadesimal dan oktal sistem angka.
            Mungkin Speq mathematics ini dapat dikatakan cara instan untuk mendapatkan nilai perhitungan matematika dan mungkin ada yang beranggapan aplikasi ini menjadikan orang yang menggunakannya menjadi malas berpikir namun dengan adanya bantuan dari aplikasi ini setidaknya akan membantu  memudahkannya dalam menyelesaikan tugasnya, sehingga akan menimbulkan rasa kepercayaan diri dan akan berpikir positif bahwa matematika itu sebenarnya mudah.

1.2 Rumusan Masalah
1         .      Pengenalan software SpeQ Mathematics
2         .      Alasan memilih aplikasi SpeQ Mathematics
3         .      Cara mengunduh aplikasi SpeQ Mathematics
4         .      Tampilan pada software SpeQ Mathematics
5         .      Kelebihan dan kekurangan aplikasi SpeQ Mathematics
6         .      Konsep pembelajaran yang terdapat pada aplikasi SpeQ Mathematics
 
1.3 Tujuan Masalah
1.    Untuk mengetahui software SpeQ Mathematics
2.    Untuk mengetahui alasan memilih aplikasi SpeQ Mathematics
3.    Untuk mengetahui cara mengunduh aplikasi SpeQ Mathematics
4.    Untuk mengetahui apa saja tampilan pada software SpeQ Mathematics
5.    Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi SpeQ Mathematics
6.    Untuk mengetahui konsep pembelajaran yang terdapat pada aplikasi SpeQ Mathematics








BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengenalan Software SpeQ Mathematics

            SpeQ Mathematics merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi utama sebagai kalkulator untuk perhitungan-perhitungan matematika. SpeQ mendukung hampir semua jenis perhitungan matematika seperti fungsi, konstanta, dan unit. Program matematika ini pertama kali dirilis pada tahun 2003 dengan tujuan utama untuk menggantikan perangkat lunak bawaan Microsoft Windows yaitu Windows Calculator. Perangkat lunak ini merupakan satu-satunya perangkat lunak matematika era saat ini yang masih bisa dijalankan di Windows 95 dan Windows 98.
            Manfaat aplikasi ini adalah SpeQ Mathematics dibuat agar penggunanya bisa dengan mudah belajar matematika dan menyelesaikan soal matematika yang sulit. Aplikasi ini mendukung banyak jenis variabel, konstanta, dan fungsi matematika. Dalam SpeQ Mathematics kamu juga bisa menetapkan fungsi dan variabel custom. Bisa juga untuk menyelesaikan soal trigonometri. 
            SpeQ merupakan sebuah program kecil matematika yang ekstensif dengan sederhana, antar muka intuitif. Semua perhitungan yang dimasukkan dalam lembar. Di sana Anda dapat dengan bebas menambah, mengedit dan mengeksekusi perhitungan. SpeQ mendukung semua fungsi umum, konstanta, dan unit. Selanjutnya, Anda dapat mendefinisikan variabel kustom dan fungsi, dan grafik plot fungsi Anda. Aplikasi ini selain gratis, ukurannya juga tidak besar, selain itu aplikasi ini juga mendukung banyak formulasi rumus-rumus matematika yang cukup mumpuni, antara lain fungsi: Analysis, Arithmetic, Complex numbers, Conversion, Hyperbolic, Integers, Probability, Statistics, Representation, Trigonometry.
            SpeQ ditulis menjadi maju tetapi sangat mudah untuk menggunakan program matematika. Ini adalah kecil dan cepat dan berjalan pada setiap komputer Windows, juga dari disk USB-kunci atau floppy. SpeQ berguna untuk sederhana, perhitungan singkat serta bekerja keluar lembaran dengan definisi variabel ekstensif, fungsi dan perhitungan yang rumit. SpeQ dapat digunakan untuk insinyur, mahasiswa dan murid atau hanya sebagai pengganti Kalkulator Windows.  SpeQ Mathematics memiliki persyaratan sistem yang sangat rendah dan bisa berjalan pada hampir semua komputer Windows.
Pada makalah ini akan dijelaskan beberapa cara penggunaan software SpeQ Mathematics dalam pembelajaran matematika. 


2.2 Alasan Memilih Aplikasi SpeQ Mathematics
            Bagi anda yang sering berkerja ataupun senang bermain dengan rumus-rumus matematika, pasti senang menggunakan aplikasi matematika SpeQ. Aplikasi SpeQ dapat digunakan untuk teknisi, mahasiswa, dan siswa sekolah atau dapat digunakan sebagai pengganti dari aplikasi kalkulator bawaan windows. Aplikasi SpeQ sangat bermanfaat untuk digunakan pada berbagai perhitungan mulai dari perhitungan sederhana sampai yang kompleks.
SpeQ memiliki beberapa fitur sebagai berikut:
  • Perhitungan ekspresi dengan aritmatika, kondisional, operator logis dan bitwise
  • Sekitar 100 built-in matematika, konstanta fisik dan kondisional
  • Sekitar 60 built-in fungsi untuk Analisis, aritmatika, nomor Kompleks, hiperbolik, Integer, Logical, Probabilitas, sistem Angka, Statistik, Trigonometri
  • Mendefinisikan variabel dan fungsi Anda sendiri untuk digunakan dalam perhitungan
  • Plot grafik sepenuhnya beradaptasi, melacak fungsi diplot, menyimpan grafik Anda
  • Dukungan yang luas untuk unit
  • Decimal, biner, heksadesimal dan oktal sistem angka
  • Perhitungan dengan daftar
  • Perhitungan bilangan kompleks
  • berwarna workarea
  • Menyimpan dan memuat lembar
  • Ikhtisar teratur dari semua fungsi yang tersedia dan konstanta di Functionstree
  • Sebuah daftar dengan semua variabel didefinisikan dan fungsi dalam Memorylist ini
  • Bantuan konteks-sensitif dan panduan pengguna rinci
  • Masukkan ekspresi matematika pada sheet operator:
    • Aritmatika: + – * /% ^ 2 3
    • Bersyarat: =, <>, <,>, <=,> =
    • Logical: Dan, Atau, XOR
    • Bitwise: &, |, | |
  • Konstanta. Sekitar 100 konstanta built-in pada daerah
    • Matematika: Umum, Teori, Chaos Theory, Kombinatorik, Analisis
    • Fisika: Universal, elektromagnetik, Atom dan Nuklir, Fisiko-Kimia
    • kondisi
    • warna
  • Fungsi:
    • Analisis: fnInt, fnDiff, fnSolve
    • Aritmatika: Abs, Exp, Ln, Log, Log10, sqrt, Sign
    • Bilangan kompleks: Re, Im, Abs, Arg, Conj
    • Konversi: rad2deg, Rad2Grad, Rad2Cycle, Deg2Rad, Grad2Rad, Cycle2Rad
    • Hiperbolik: tongkat pendek, Sinh, Tanh, ACosh, ASinh, Atanh, sech, Csch, Coth
    • Integer: Round, Floor, Ceil, Fix
    • Logical: IIF, Tidak, Ulangi, Iterate
    • Probabilitas: faktorial, NCR, Pr,, Rand, RandInt!
    • Statistik: bintang, Min, Mean, Max, Prod, Sum, Std, Sortir, Var
    • Representasi: Bin, Desember, Fraksi, Hex, Oct
    • Trigonometri: Cos, Sin, Tan, Acos, Asin, Atan, atan2, Sec, CSC, Cot
    • Unit: Dalam, Convert, AddUnit
  • Plot grafik
    • Jejak, bergerak dan zoom fungsi User-friendly
    • Menganalisis persimpangan, minima dan maxima
    • Sesuaikan semua properti tokoh dalam Propertywindow atau di workarea
    • Fungsi yang tersedia: Plot, PlotLogX, PlotLogY, PlotLogLog, RGB, Close, CloseAll
  • Unit. Sekitar 130 unit built-in pada daerah
    • Angles
    • Mekanika: waktu, massa, panjang, luas, volume
    • listrik
    • suhu
    • molekuler
    • intensitas cahaya
    • radioaktivitas
  • Sistem fungsi dan variabel: Angles, Bytes, Desimal, SciNotation, Representasi, Clear, ClearAll
  • Mendefinisikan variabel Anda sendiri untuk digunakan dalam perhitungan
  • Tentukan fungsi sendiri, menggunakan satu atau lebih variabel
  • Tentukan unit Anda sendiri
  • Decimal, biner, heksadesimal dan oktal representasi
  • Perhitungan dengan daftar
  • Perhitungan bilangan kompleks
  • berwarna workarea
  • Menyimpan dan memuat lembar
  • Ikhtisar teratur dari semua fungsi yang tersedia dan konstanta di Functionstree
  • Sebuah daftar dengan semua variabel didefinisikan dan fungsi dalam Memorylist ini
  • Bantuan konteks-sensitif dan panduan pengguna rinci

2.3 Cara Mengunduh Software SpeQ Mathematics
     Cara mengunduh atau mendownload aplikasi SpeQ Mathematics sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.      Buka browser yang ada dilaptop kamu bisa di Mozila, Google Crome, Opera, atau yang lainnya.
2.      Pada menu tap diatas yang tertulis http://www klik http://www.speqmath.com/
3.      Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
4.      Setelah itu pilih download dan akan keluar tampilan seperti dibawah ini. Lalu klik download setup.
5.      Lalu pilih save file seperti tampilan dibawah ini dan tunggu hingga proses download selesai.
6.     Setelah selesai diunduh maka kita instal aplikasi SpeQ Mathematics dengan cara seperti kita menginstal aplikasi yang lainnya.



2.4 Tampilan pada Software SpeQ Mathematics

1    .      Antarmuka sederhana
Jika Anda tidak memerlukan opsi lanjutan Anda bisa menutup panel samping dan mungkin menyembunyikan toolbar. Kemudian SpeQ terlihat seperti editor teks sederhana. Anda bisa memasukkan perhitungan Anda dan tekan <Enter> untuk menghitungnya. Jawabannya akan dicetak pada baris berikutnya dengan warna biru.
   
2    .      Antarmuka tingkat lanjut
Dengan Memorylist dan Functionstree ditunjukkan SpeQ terlihat seperti ini. Di dalam Memorylist semua variabel dan fungsi yang terdefinisi terdaftar. Dalam Functionstree Anda menemukan gambaran umum dari semua fungsi, konstanta, operator dan perintah yang tersedia.

3    .      Antarmuka gambar
Dengan SpeQ Anda bisa memplot fungsi. Anda dapat memindahkan dan memperbesar plot dan menelusuri fungsi yang diplot. Interseksi, maxima dan minima terdeteksi secara otomatis. Jika diinginkan, Anda dapat menyesuaikan semua properti gambar di Propertylist atau dari dalam workplace SpeQ.


4    .      Unit
SpeQ menawarkan dukungan ekstensif untuk unit, yang sangat berguna bagi para insinyur. Dengan menggunakan unit Anda dapat membuat perhitungan dengan jumlah fisik lebih mudah dan lebih dapat diandalkan, karena Anda tidak dapat lagi membuat kesalahan konversi (misalnya antara meter, milimeter dan inci). SpeQ mencakup semua unit SI dan AS.
 
5    .      Pengaturan
Anda dapat memilih preferensi Anda di jendela Settings.


2.5 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi SpeQ Mathematics

A.  Kelebihan Aplikasi SpeQ Mathematics
SpeQ Mathematics membutuhkan spek yang sangat rendah, dia dapat berjalan di komputer mana saja seperti berikut :
·      Microsoft Windows 95, 98, ME, 2000, NT, XP, Vista, 7 or 8
·      Pentium 166 MHz or better processor
·      32 MB of RAM
·      1 MB free disk space
B.   Kekurangan Aplikasi SpeQ Mathematics
Aplikasi ini hanya bisa digunakan dikomputer, laptop, atau notebook saja. Aplikasi ini tidak terdapat di Play Store.

2.6 Konsep Pembelajaran yang Terdapat Pada Aplikasi SpeQ Mathematics

            Dewasa ini para pendidik sudah mulai mendapatkan akses untuk menggunakan berbagai macam teknologi guna meningkatkan efektivitas proses belajar dan mengajar. Komputer sebagai salah satu produk teknologi dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Berbagai macam pendekatan instruksional yang dikemas dalam bentuk program pengajaran berbantuan komputer atau Computer-Assisted Instruction (CAI) seperti: drill and practice, simulasi, tutorial dan permainan dapat diperoleh lewat komputer. Dua puluh lima tahun terakhir ini perkembangan CAI terutama di negara maju sangatlah pesat. Banyak penelitian ekperimen tentang CAI telah dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas berbagai program CAI. Menurut Bright (1983: 144-152), bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional, CAI sangat efektif dan efisien. Anak didik akan belajar lebih cepat, menguasai materi pelajaran lebih banyak dan mengingat lebih banyak dari apa yang sudah dipelajari. Hasil penelitian ini cenderung menyimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan CAI akan lebih meningkatkan prestasi belajar dibanding dengan paket pengajaran lainnya. Namun Clark (1983: 445-549) mengkritik bahwa program pengajaran seperti CAI bisa saja efektif tetapi dengan hanya menempatkan materi pelajaran ke dalam komputer secara asal, tidaklah akan meningkatkan efektivitas pengajaran. Oleh karena itu Simonson & Thompson (1994: 53) menyarankan agar pembuatan CAI harus direncanakan dengan baik dan usaha penelitian saat ini sebaiknya difokuskan pada pemakaian CAI untuk situasi khusus dan untuk mata pelajaran khusus pula. Sementara itu, matematika sebagai ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Penguasaan matematika yang kuat sejak dini diperlukan untuk menguasai dan mencipta teknologi dimasa depan diperlukan. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.

            Tujuan Kognitifnya adalah komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri. Berkait dengan aktivitas komunikasi dalam pembelajaran matematika, Depdiknas (2006) menyatakan bahwa salah satu kompetensi yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yang berkait dengan keterampilan (kemahiran) matematika adalah kompetensi mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, grafik, atau diagram untuk memperjelas keadaan atau masalah serta pemecahannya. (Syaiful Hadi, 2011)

            Terdapat permasalahan dalam penyampaian materi pembelajaran matematika, yaitu kurang berkembangnya daya representasi siswa, khususnya pada siswa SMP, siswa tidak pernah diberi kesempatan untuk menghadirkan representasinya sendiri, sejalan dengan informasi yang disimpulkan dari hasil studi pendahuluan Hudiono tahun 2002 (dalam Hudiono, 2005) menyatakan hasil wawancara pendahuluannya, bahwa menurut guru (pengajar) bahwa representasi seperti tabel, gambar disampaikan kepada siswa, sebagai penyerta atau pelengkap dalam penyampaian materi, dan jarang memperhatikan representasi yang dikembangkan siswa. Dengan demikian guru mengajarkan representasi terbatas pada yang konvensional, siswa cenderung meniru langkah guru, siswa tidak pernah diberikan kesempatan untuk menghadirkan representasinya sendiri yang dapat meningkatkan perkembangan daya representasi siswa dalam pembelajaran matematika. Lebih jauh Hudiono menyatakan, bahwa siswa yang mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan kemampuan representasi, hanya sebagian kecil siswa dapat menjawab benar, dan sebagian besar lainnya lemah dalam memanfaatkan kemampuan representasi yang dimilikinya khususnya representasi visual.

            Padahal menurut Piaget, usia siswa SMP kelas II berada pada tahap operasi konkrit, tepat untuk memberi banyak kesempatan memanipulasi benda-benda konkrit, membuat model, diagram dan lain-lain, sebagai alat perantara untuk merumuskan dan menyajikan konsep-konsep abstrak (Ruseffendi 1991). Dengan demikian, kemampuan merepresentasikan gagasan matematika perlu dikembangkan dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas. Representasi adalah kemampuan siswa mengkomunikasikan ide/gagasan matematika yang dipelajari dengan cara tertentu. Ragam representasi yang sering digunakan dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis antara lain: diagram (gambar) atau sajian benda konkrit, tabel chart, pernyataan matematika, teks tertulis, ataupun kombinasi dari semuanya (Rahmi, 2002). (Kartini Hutagaol, 2013)

            Pembelajaran matematika dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi setiap siswa. Hal ini tergantung pada gurunya dalam menyampaikan matematika sebagai suatu aplikasi yang menarik (Edge, 2008). Furner, et al (2008) menyatakan bahwa salah satu strategi untuk mengajar matematika yang dapat mencapai seluruh siswa adalah dengan mengakses internet dan menggunakan software matematika. Internet dan software computer dapat digunakan sebagai alat pengajaran untuk mengeksplorasi, menyelidiki, menyelesaikan masalah, berinteraksi, merefleksi, bernalar, berkomunikasi, dan belajar banyak konsep yang sesuai kurikulum sekolah. Sejalan dengan diterapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimana materi pelajaran yang disampaikan disesuaikan dengan kondisi peserta didik, maka peran guru sangat menentukan dalam proses pembelajaran (Riana, 2007). Saat ini, Depdiknas telah mengembangkan pembelajaran melalui internet. Untuk mendukung proses pembelajaran ini, Depdiknas membangun backbone Jejaring Pendidikan Nasional, atau populer dengan istilah Jardiknas. Sayangnya, konten yang tersedia belum memadai (Saragih, 2007). Dikarenakan hal tersebut, perlu dilakukannya suatu usaha untuk merancang materi pembelajaran khususnya pelajaran matematika. Agar materi tersebut menarik sehingga memotivasi peserta didik belajar mandiri, maka materi dikembangkan menggunakan teknologi informasi komunikasi dengan menempatkannya pada media website yang terkoneksi dengan internet yang mana manfaat media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan (Kemp & Dayton dalam Arsyad, 2003). (Muhammad Win Afgani, Darmawijoyo, dan Purwoko, 2008)

            Penelitian di beberapa negara menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik dapat membuat matematika lebih menarik, relevan, dan bermakna. Namun, dalam pembelajaran matematika realistik siswa terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menemukan konsep hingga akhirnya dapat menyelesaikan masalah matematis. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan di masa globalisasi ini, teknologi menjadi salah satu media untuk dapat mentransfer pengetahuan. Teknologi, khususnya komputer menjadi media untuk menghubungkan antara ide matematika yang abstrak dengan ide matematika yang kongkrit. Splittgerber & Stirzaker dalam Sunarto (2011) menyatakan bahwa waktu belajar akan jauh lebih efektif jika strategi belajar menggunakan komputer. Komputer memiliki banyak software yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar, khususnya matematika. (Dian Nopiyani, Turmudi, dan Sufyani Prabawanto, 2016)





BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
1   .      SpeQ Mathematics merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi utama sebagai kalkulator untuk perhitungan-perhitungan matematika.
2    .      Aplikasi SpeQ dapat digunakan untuk teknisi, mahasiswa, dan siswa sekolah atau dapat digunakan sebagai pengganti dari aplikasi kalkulator bawaan windows.
3  .      Cara mengunduh atau mendownload aplikasi SpeQ Mathematics sangatlah mudah, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan.
4   .      Tampilan pada software SpeQ Mathematics, yaitu antarmuka sederhana, antarmuka tingkat lanjut, antarmuka gambar, unit, dan pengaturan.
5   .      SpeQ membutuhkan spek yang sangat rendah, dia dapat berjalan di komputer mana saja.

3.2 Saran
            Dengan adanya aplikasi ini diharapkan kepada para pembaca untuk dapat menggunakan aplikasi SpeQ Mathematics karena aplikasi ini dapat membantu kita dalam menyelesaikan soal matematika dengan cepat dan mudah.





DAFTAR PUSTAKA

            Hadi, S. (2011). (JP3) Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan. Pengembangan Program Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik SMP, 1(1), 25-26.

            Nopiyani D., Turmudi., & Prabawanto S. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP, 5(2), 47.

            Afgani,M.W., Darmawijoyo., dan Purwoko. (2008). Jurnal Pendidikan Matematika. Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear Untuk Siswa SMA, 2(2), 46.
            Hutagaol, K. (2013). Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP, 2(1), 2013.

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar